Home » » Terima Hadiah, Ini Dia Adabnya dalam Islam

Terima Hadiah, Ini Dia Adabnya dalam Islam

Written By Admin on Senin, 07 Desember 2015 | 08.36


Ketika seseorang menerima hadiah, tentulah rasa bahagia itu akan hadir dalam dirinya. Namun, terkadang orang itu lupa apa yang harus dilakukannya setelah menerima hadiah tersebut. Padahal, terdapat adab-adab tertentu ketika menerima hadiah. Dan ini adalah hal yang seharusnya diingat bagi setiap orang.

Memberi hadiah merupakan perbuatan yang terpuji, yang dapat mempererat tali kasih dan persahabatan antara sesama manusia. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika memberi atau menerima hadiah, di antaranya:

1. Berterima kasih kepada orang yang memberi hadiah dan mendoakannya agar selalu ditambah rezeki dan kebaikan.
2. Mau menerima hadiah dan senang menerimanya.
3. Menerima hadiah dan menghadiahkan kembali kepada orang. Rasulullah SAW pernah diberi hadiah, lalu beliau memberikannya lagi kepada orang yang memberikan hadiah.
4. Hadiah harus barang yang halal.
5. Motivasi dalam memberi hadiah untuk mempererat hubungan dan keakraban. Tidak ada niat agar urusan dipermudah oleh orang yang diberi hadiah atau dengan kata lain menyogok.
6. Sesuatu yang telah dihadiahkan menjadi hak milik orang yang menerimanya, dan boleh baginya untuk menjual barang hadiah tersebut.

Itulah beberapa adab yang harus kita ketahui ketika menerima atau memberikan hadiah. Semoga kita dapat saling memberi kepada sesama dengan tujuan yang mulia, yakni menjalin tali silaturahmi. Dengan begitu persahabatan, keakraban di antara umat Muslim akan semakin terjalin dengan baik, insya Allah.

[Sumber: Adab Islam dalam Kehidupan Sehari-hari/Karya: Mahdy Saeed Reziq Krezem/Penerbit: Media Da’wah] / http://www.rumahkeluargaindonesia.com/terima-hadiah-ini-dia-adabnya-dalam-islam-14052/
Share this article :
1 Comments
Tweets
Komentar

+ komentar + 1 komentar

28 November 2019 pukul 16.09

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.net
arena-domino.org
100% Memuaskan ^-^

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Copyright © 2011. DPC PKS BATANGHARI LAMPUNG TIMUR - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger